Call us now:
(+62) 81 229 20 5969

Berenang di Kolam Renang Umum, Apa Saja Hal yang Perlu Dipertimbangkan?

Apakah Anda hobi berenang? Seberapa sering Anda berenang di kolam renang umum? Renang merupakan aktifivitas olahraga yang sangat bagus untuk kesehatan tubuh. Tak jarang orang memiliki hobi berenang demi menjaga kesehatan tubuhnya terutama untuk menaikan tinggi badan.

Sayangnya tidak semua orang yang hobi berenang memiliki kolam renang pribadi, sehingga mereka memilih berenang di kolam renang umum. Taukah Anda? ada beberapa hal yang perlu Anda pertimbangkan saat berenang di kolam renang umum. Mari kita simak satu persatu.

Hal-hal yang Perlu Dipertimbangkan Saat Berenang di Kolam Renang Umum

1.PILIHLAH KOLAM RENANG YANG CUKUP LUAS DENGAN KEDALAMAN STANDAR

Sebelum berenang, pastikan kolam renang yang Anda pilih cukup luas untuk bergerak dengan leluasa. Sesuaikan pula kedalaman kolam renang dengan tinggi badan Anda untuk menghindari resiko tenggelam. Beberapa orang sering mengabaikan tingkat kedalaman kolam sehingga sering terjadi kejadian yang tidak diinginkan.

Anda juga bisa menyewa pelampung sebagai alat bantu berenang. Pakailah pelampung yang sesuai dengan ukuran badan Anda. Jangan terlalu besar atau terlalu kecil. Biasanya harga yang ditawarkan pun murah dan terjangkau. Bagaimanapun tetap utamakan keselamatan Anda.

2.GUNAKAN PAKAIAN RENANG YANG DIANJURKAN

Beberapa kolam renang umum telah menerapkan aturan ketika berenang. Biasanya, pengunjung dilarang menggunakan training, bahkan ada pula yang melarang memakai kerudung. Agar tidak terjadi hal yang tidak diinginkan, sebaiknya kita taati peraturan yang berlaku.

Pakaian renang yang sesuai standar akan memudahkan Anda bergerak dalam air. Pilihlah bahan yang tidak terlalu tebal ataupun terlalu tipis. Usahakan tetap terlihat sopan. Bagi Anda yang berhijab, sekarang tidak perlu khawatir karena telah tersedia pakaian renang yang menutupi seluruh tubuh.

3.PAKAILAH KACAMATA RENANG UNTUK MELINDUNGI MATA DARI KOTORAN

Di dalam kolam renang terdapat banyak bakteri yang tidak bisa dilihat dengan kasat mata. Bakteri tersebut terkadang membuat mata menjadi merah ketika selesai berenang. Untuk mengatasi hal tersebut, gunakanlah kacamata renang agar mata Anda terlindungi dari bakteri.

4.LEPASKAN SEMUA PERHIASAN KETIKA BERENANG

Adanya perhiasan dapat mengganggu kenyamanan berenang. Banyak kejadian pengunjung yang kehilangan perhiasannya seperti cincin, kalung, dan anting yang tidak sengaja terlepas ketika berenang. Untuk menghindari hal semacam itu sebaiknya lepaskan semua perhiasan Anda.

5.JANGAN LUPA UNTUK MELAKUKAN PEMANASAN TERLEBIH DAHULU

Walaupun terkesan biasa namun jangan menyepelekan pentingnya pemanasan sebelum berenang. Pemanasan ini sangat penting dilakukan untuk mencegah kram. Anda bisa mulai dengan gerakan-gerakan sederhana seperti menggerakan kepala ke kanan dan ke kiri ataupun sekadar berlari-lari kecil di pinggir kolam.

6.PILIHLAH WAKTU YANG TEPAT UNTUK BERENANG

Waktu yang baik untuk melakukan aktivitas renang yaitu pagi hari antara pukul 8-10 pagi. Sinar matahari pada waktu tersebut sangat bagus untuk kesehatan kulit, sehingga Anda tidak perlu khawatir kulit akan gelap atau hitam setelah berenang. Jangan berenang pada malam hari karena tidak baik untuk kesehatan tubuh Anda.

By: tirtajaya
In: Berenang di Kolam Renang Umum, Info
0
tirtajaya

Leave a Comment

All fields with * are required.