Call us now:
(+62) 81 229 20 5969

Cara Menjernihkan Air Kolam Renang

Cara menjernihkan air kolam renang sebenarnya tidak terlalu sulit, yang wajib kita ketahui untuk acuan dasar adalah bagaima karakteristik dari air kolam renang tersebut.

Karakter atau pun sifat kandungan di dalam air pun berbagai macam, mengetahui karakter air diawal perawatan akan membantu kita untuk menentukan takaran penggunaan chemical pada kolam renang.

Dengan mengetahui karakter air pada kolam renang kita jadi tau chemical apa yang akan di gunakan untuk menjernihkan kolam renang tersebut.

Kandungan senyawa yang terkandung pada air, akan menjadi penentu untuk menjernihkan air kolam renang.

Biasanya air baru atau air yang akan dimasukkan kedalam kolam renang memiliki kandungan senyawa yang masih belum stabil.

Kondisi ini akan ber pengaruh pada perlakuan dan atau pemberian komposisi chemical ke dalam kolam renang.

Untuk mengetahui cara menjernihkan air kolam renang lebih lanjut silahkan simak ulasan berikut ini. Saya rangkum secara singkat dan padat agar mudah dipahami oleh perawat kolam renang.

Cara Menjernihkan Air Kolam Renang

Kekeruhan pada air kolam renang mampu golongkan menjadi tiga golongan yaitu:

1. Air kolam renang berwarna hijau berlumut

Air kolam renang berwarna hijau berlumut sangatlah mudah diamati oleh kasat mata. Kita bisa melihat di dasar dan di dinding kolam renang ditumbuhi lumut-lumut lembut.

Dan hal tersebut dapat dipastikan kolam renang anda mengalami kekurangan chemical.

Hal yang harus dilakukan ketika mendapati masalah seperti ini adalah menambahkan chemical yang berupa granular 90% kedalam kolam renang anda.

Jika anda menanyakan berapa ukuran chemical yang harus digunakan untuk masalah tersebut, itu semua tergantung dari luas kolam renang yang anda miliki dan tingkat kerusakan pada air kolam renang anda.

Selain itu Anda juga bisa melakukan pembersihan dinding kolam dan dasar kolam dengan menggunakan sikat kolam renang (Pool Brush) setelah melakukan vakum keseluruhan pada kolam renang anda.

Hal ini di lakukan agar lumut dan alga yang tumbuh atau menempel pada keramik kolam renang mampu terangkat kepermukaan.

Dengan menyikat seluruh bagian kolam renang yang anda miliki mampu memaksimalkan kinerja penggunaan chemical untuk menjernihkan kolam renang anda.

Kerena jika menggunakan chemical saja lumut-lumut dan alga tersebut akan terus tumbuh. Dengan menyikat seluruh bagian kolam renang, anda bisa mengurangi banyak nya chemical yang harus digunakan.

2.Air kolam renang berwarna hijau bening

    Masalah air kolam renang yang berwarna hijau bening ini tidak didapati tumbuhnya alga maupun lumut didasar dan di dinding kolam renang.

     

    Hal ini terjadi karena kandungan senyawa Seng (Zn) pada kolam renang terlalu tinggi. Tingginya kadar seng tersebutlah yang membuat warna air kolam renang anda berubah.

    Jika didapati masalah seperti ini, cara menjernihkan air kolama renang tersebut yaiotu dengan menambahkan chemical berupa Ganular 90% dan ditambahkan Trussy secukupnya menurut ukuran luas kolam renang dan tingkat kerusakan air pada kolam renang anda.

    Dan  jika cara tersebut belum mendapatkan hasil, maka langkah selanjutnya yang perlu dilakukan yaitu melakukan pengendapan pada kolam renang anda.

    Supaya kotoran-kotoran pada kolam renang anda mampu mengedap. Setelah mengendap langkah selanjutnya hanyalah membuang endapan kotoran tersebut dengan cara melakukan vakum secara keseluruhan.

    3.Air kolam berwarna putih berkabut
    Masalah air kolam yang berwarna putih berkabut sudah barang umum dan sering terjadi pada kolam renang.  Cara mengatasinya pun sama dengan masalah-masalah yang terjadi di atas.

    Ssemua dikarenakan kekurangan kadar chemical pada kolam renang anda. Untuk masalah air kolam renang yang berwarna putih berkabut anda bisa menambahkan granular 90% pada kolam renang anda.

    Dengan masalah air yang seperti ini anda wajib memantau kondisi air kolam renang anda, agar anda tau perubahan kondisi air setelah dilakukannya penambahan chemical.

    Karena berdasarkan pengalaman saya dalam menangani air kolam berwarna putih berkabut, hal ini terjadi dikarenakan 2 hal.

    • Pertama bisa karena air pada kolam renang memiliki kadar senyawa Seng yang tinggi (Zn),
    • Kedua bisa dikarenakan kelebihan chemical Trussy. Kadar seng yang tinggi dan kelebihan trussy bisa berpotensi merubah warna air kolam renang menjadi hijau.

    Beberapa masalah di atas bisa anda konsultasikan kepada kami selaku konsutan kolam renang atau pun jika anda sudah memiliki tim maintenance kolam renang sendiri anda bisa menanyakan hal tersebut.

    Untuk hasil yang maksimal ketika ingin menjernihkan air kolam renang yaitu penting nya sirkulasi air pada kolam renang tersebut.

    Sirkulasi yang baik untuk mendapatkan hasil yang maksimal, anda bisa menyala kan mesin kolam renang minimal selama 6 – 8  jam per harinya. Sirkulasi ini amatlah penting untuk membantu peredaran chemical keseluruh kolam renang anda. Dan menyaring seluruh kotoran yang berada didalam kolam renang tersebut.

    Itulah pembahasan mengenenai cara menjernihan air kolam renang dan cara penanganannya. Untuk penanganan dari masalah-masalah di atas mungkin anda memiliki presepsi masing-masing dan bisa menggunakan cara anda sendiri.

     

    By: tirtajaya
    In: Cara Menjernihkan Air Kolam Renang, Info
    1
    tirtajaya

    Leave a Comment

    All fields with * are required.