Call us now:
(+62) 877 3910 6981

Pool Construction

Jika anda ingin membuat kolam renang pribadi ataupun umum, sebaiknya serahkan kepada ahli nya, yang sudah berpengalaman puluhan tahun dibidang pembuatan kolam renang. Sekarang kami, Tirta Jaya PoolSwimming Pool Contractor  dapat membuat private pool, jacuzzi, dan menyesuaikan dengan kebutuhan lahan yang anda miliki.

Tidak hanya hotel dan apartemen yang dapat memiliki kolam renang di dalam gedungnya. Kini, terdapat banyak tempat khusus untuk berenang bahkan di rumah sekalipun. Kolam renang yang di desain juga tidak selalu outdoor, tetapi ada juga yang mengambil konsep kolam renang indoor. Selain itu, seiring dengan berkembangnya zaman kini terdapat juga hotel-hotel dan apartemen yang memiliki kolam renang di lantai paling atas dengan konsep rooftop pool yang di desain oleh kontraktor kolam renang yang ahli.

Untuk membuat suatu kolam renang di hotel, apartemen, atau bahkan di rumah biasanya menggunakan suatu konsep. Konsep tersebut dibuat untuk mengikuti keinginan dari pemilik gedung, dari mulai menentukan bentuk kolam renang, ukuran kolam renang, hingga dekorasi sekitar kolam renang. Karena biasanya, orang-orang yang berenang selain untuk olahraga juga karena ingin melepas stress dan relaksasi pikiran. Jadi, konsep yang dimiliki oleh pemilik gedung sangat penting untuk menentukan kontraktor kolam renang dalam membuat kolam renang sesuai dengan konsep yang ada.

Kontraktor kolam renang dapat menentukan seberapa bagus kolam renang yang dibuat, dan juga dapat membantu pemilik gedung yang ingin membangun kolam renang dalam menentukan konsep dan dekorasi yang diinginkan untuk sekitar kolam renang. Kontraktor kolam renang juga harus bisa membangun kolam renang yang kokoh, dan kuat terutama untuk kolam renang yang berada di rooftop. Dekorasi-dekorasi yang berada di sekitar kolam renang juga bisa mempengaruhi mood para pengunjung kolam renang untuk menjadi lebih baik.

SIRKULASI KOLAM RENANG

Kejernihan air kolam renang bisa tetap terjaga jika (circulation system) sistem sirkulasi air kolam renang tersebut bekerja dengan baik. Begitu pula sebaliknya. Kondisi air kolam renang akan cepat menjadi tidak sehat, keruh, kehijauan dan bahkan mungkin berlumut jika sistem sirkulasinya buruk.

System sirkulasi air kolam renang merupakan satu kesatuan sistem antara konstruksi, pemipaan (plumbing system) dan juga sistem kelistrikan. Sehingga kerangka sitem sirkulasi air harus sudah siap ketika kolam renang masih dalam tahap perencanaan.

Adalah sebuah keputusan yang bijaksanan jika Anda mempersiapkan sistem sirkulasi secara matang di awal pembangunan kolam renang. Sitem sirkulasi air merupakan bagian yang sangat fital yang bisa berdampak pada proses perawatan air kolam setelah pembangunan, tidak bergantung pada obat-obatan perawatan air kolam saja.

Itulah kenapa kemudian diperlukan perhitungan yang matang sehingga mendapatkan sistem sirkulasi air yang bisa bekerja dengan baik. Memperhitungkan kapasitas mesin Pompa, filter yang tepat menjadikan pola kerja sirkulasi air kolam renang menjadi lebih efektif dan efisien.

Berikut ini adalah penjelasan kedua sistem sirkulasi tersebut.

Sistem Sirkulasi Air Kolam Renang yang Paling Banyak Digunakan

Seperti apa yang sudah saya utarakan di atas bahwa secara garis besar ada 2 sistem sirkulasi air kolam renang yang banyak digunakan di Indonesia.

Luas lahan yang akan dibangun sebuah kolam renang merupakan salah satu tolak ukur, sistem sirkulasi apa yang tepat untuk digunakan pada kolam renang tersebut.

Selain itu, posisi kolam renang tersebut (indoor/outdoor) juga menjadi bahan pertimbangan berikutnya.

Kita mulai satu per satu membahas sitem sirkulasi air secara rinci ….

  • Sistem Skimmer

Sistem Skimmer  merupakan sebuah sitem sirkulasi air yang mengkondisikan agar air kolam renang tersebut tidak melimpah keluar dari dinding kolam renang.

Skimmer

Konstruksi dinding kolam renang didesain lebih tinggi dari batas permukaan air kolam renang. Sitem sirkulasi ini sangat simpel dan tidak membutuhkan balancing tank (bak penampung air), namun khusus untuk sitem sirkulasi air jenis ini dibutuhkan sebuah alat tambahan yang bernama Skimmer Box.

Skimmer Box berfungsi sebagai alat yang membantu agar kotoran yang mengapung di air kolam renang masuk ke dalam keranjang pada Skimmer Box, sehingga kondisi air yang terhisap ke mesin pompa sudah tidak ada kotorannya.

Selain itu Skimmer Box juga berfungsi sebagai tempat untuk menghubungkan selang Vacuum pada saat melakukan perawatan air kolam renang.

Kemudian fungsi lainnya yaitu sebagian perawat kolam renang juga menggunakan Skimmer Box untuk menempatkan kaporit tablet sehingga lantai kolam renang tidak menjadi kotor akibat dampak proses pelarutan dari  kaporit tablet tersebut.

Keuntungan menggunakan sistem sirkulasi Skimmer Box diantaranya yaitu:

  1. Cocok untuk kolam renang mini,
  2. Paling pas untuk jenis kolam renang indoor
  3. Membantu meringankan kerja perawatan kolam, dan
  4. Memaksimalkan lahan sempit karena dengan Skimmer Box Circulation System kita tidak membutuhkan bangunan gutter (selokan penampung tumpahan air) dan Balancing Tank
  • Sistem Overflow

Sistem Overflow merupakan sebuah sitem sirkulasi air yang mengkondisikan agar air kolam renang tersebut  melimpah ke bagian sisi tertentu ataupun melimpah ke seluruh sisi kolam renang.

Air kolam renang yang melimpah tersebut kemudian tumpah otomatis ke Gutter Overflow ( Gutter adalah selokan yang di buat di tepi kolam yang berfungsi sebagai saluran untuk menampung limpahan air kolam dan sekligus mengarahkan air limpahan ke Balancing Tank)

Cara kerja sistem sirkulasi Overflow yaitu limpahan air kolam renang kita akan masuk ke dalam Balancing Tank melalui pipa Gutter Overflow, => kemudian air yang sudah berada di Balancing Tank akan dihisap masuk ke Pompa => Kemudian air masuk kedalam Sand Filter => Setelah itu air yang sudah tersaring bersih akan kembali lagi masuk kedalam kolam renang melalui Inlet Fitting. Begitulah pola kerja sistem sirkulasi air kolam renang Overflow secara terus menerus.

Dengan menggunakan sistem sirkulasi ini, sudah barang tentu biaya pembangunan kolam renang akan terasa lebih mahal karena untuk menunjang sistem sirkulasi ini, diperlukan dua bangunan kecil tambahan yaitu Gutter Oferflow dan Balancing Tank.

Keuntungan menggunakan sistem sirkulasi Overflow ini diantaranya yaitu:

  1. Kebersihan pada permukaan kolam lebih maksimal: Air kolam renang terus bergerak menuju limpahan gutter overflow sehingga kotoran mudah masuk ke dalam Balancing Tank.
  2. Menambah nilai estetika kolam renang : Suara gemericik air yang keluar bisa mempengaruhi suasana di sekitar kolam reanang anda, begitu juga dengan gelombang kecil dari inlet fitting, seolah mampu menimbulkan kesegaran bagi yang menatapnya.
  3. Balancing Tank akan dapat menampung penambahan volume air kolam pada waktu curah hujan tinggi.
  4. Kontrol volume air kolam bisa lebih baik saat cuaca terik melalui Balancing Tank.
  5. Penambahan chemical kolam renang tidak harus dilakukan di dalam kolam, karena dapat ditambahkan melalui bak penampungan.
  6. Perawatan kolam menjadi lebih ringan pada area badan kolam.
  7. Sirkulasi air kolam dan filtrasi lebih optimal.

Sirulasi air kolam renang adalah sebuah sistem yang sangat penting pada sebuah kolam renang. Pembuatannya harus direncanakan dengan seksama melaui perhitungan perhitungan yang tepat. Kemampuan pompa kolam renang untuk memancarkan atau mensirkulasikan air menjadi dasar perhitungan.

Kami merkomendasikan kepada Anda untuk mengguanakan pompa koma renang Hayward. Pompa merek Hayward dibuat menggunakan material tahan karat yang memiliki kemampuan flow rate mumpuni.

Satu lagi bahwa Pompa Kolam renang Hayward merupakan merek International.Sehingga Anda tidak perlu kawatir mengenai layanan after sales services nya. Masih banyak branding terkenal yang sudah beredar di indonesia yang belum memiliki representative office, sehingga layanan purna jualnya tidak jelas walaupun dari Brand terkenal.

By: tirtajaya
In: Info, Pool Construction
1
tirtajaya

Leave a Comment

All fields with * are required.