Call us now:
(+62) 81 229 20 5969

4 JENIS MERK TRAFO KOLAM RENANG YANG AWET DAN KISARAN HARGA

Secara umum, trafo atau transformator adalah alat yang berfungsi untuk menaik-turunkan tegangan AC. Sama dengan yang digunakan pada kolam renang, komponen ini dipakai untuk menurunkan arus listrik 220 V menjadi 24V atau 12V. Ada 4 Jenis merk trafo kolam renang yang awet dan kisaran harganya.

Beberapa Jenis Merk Trafo Kolam Renang

Dalam penggunaannya pada kolam renang, sebenarnya tidak berbeda dengan pemakaian secara umum. Trafo ini bisa menyesuaikan ditempatkan pada komponen elektrikal apapun. Namun, jika Anda menginginkan yang tahan lama, ada beberapa jenis merk rekomendasi yang bisa dicoba:

1. Transformator Emaux 100 Watt 12 Volt

Alat ini akan bertanggung jawab pada aliran listrik yang ada di seluruh area kolam renang. Jika trafo Emaux 100w 12 Volt Mengalami kerusakan, maka lampu juga akan padam, kecialiarusnya berasal dari dari PLN rumah. Jenis ini umumnya dijual di pasaran sekitar kurang lebih Rp.900.000.

Trafo jenis Astral 300 Watt menjadi rekomendasi pertama karena kualitasnya yang terbilang bagus dan sangat mempengaruhi pencahayaan kolam renang. Jika ingin alat ini lebih tahan lama dan kinerjanya optimal, Anda harus menjaga suhu ruangan atau kelembabannya kurang lebih sekitar 36 derajat Celcius.

2. Transformator Multi Pro

Trafo Multi Pro adalah salah satu merk yang dikeluarkan PT. Multi Mayaka. Pabrik penyedia berbagai macam alat listrik ini bergerak di bidang peralatan cat, kompresor angin, dan semacamnya. Sekitar belasan tahun berjaya, ia banyak menghasilkan beragam produk yang berkualitas dan terkenal tahan lama.

Pabrik ini memiliki pelayanan utama yang sudah tersebar di 17 Kota seluruh Indonesia. Mereka menyediakan banyak teknisi handal dan kelengkapan koleksi sparepartnya. Inilah yang menjadikan Multipro mempunyai banyak pelanggan dan dipercaya masyarakat dalam memilih komponen elektrikal kolam renang.

3. Transformator Sintra

Merk Trafo Sintra lebih sering digunakan oleh para jasa kontraktor yang khusus menangani pembuatan kolam renang. Diproduksi oleh PT Sintra, jenis ini dijamin memiliki ketahanan yang lama karena pabrik produsen yang cukup berpengalaman dalam hal pengambangan dan perencangan trafo.

PT ini memproduksi trafo dengan cakupan tiga bidang utama, yaitu diantaranya distribusi, Sintra 3 Phase, dan khusus.  Harga yang ditawarkan pun bervariasi. Biasanya tergantung dari spesifikasi serta tegangan arus listriknya. Merk Sintra banyak dipakai dalam berbagai kebutuhan industri pembangunan.

4. Transformator Schneider

Produsen transformator Schneider menjadi yang terbesar di Asia karena memakai teknologi canggih dalam pembuatan merk trafo. Bernama Schneider Electric, saat ini lokasinya ada di Cikarang. Perusahaan penyedia alat elektronik ini melakukan penggabungan antara energi terbarukan dengan sistem otomatis.

Menurut pengelola PT Schneider Electric, merk ini bisa dipakai di berbagai kebutuhan customer. Sehingga pabrik ini bisa saja memproduksi trafo dengan spesifikasi yang berbeda-beda. Pabrik ini memiliki prinsip Engineer to Order yang artinya alat yang mereka sediakan baik untuk dalam ataupun luar negeri.

Bagaimana Cara Memilih Jenis Trafo yang Berkualitas?

Agar tidak salah memilih, Anda harus mengetahui ciri-ciri trafo yang memiliki ketahanan yang lama. Bentuk alat ini umumnya terdiri dari dua macam, yaitu lingkaran semacam donat (toroid) dan kotak. Jika menginginkan harga yang relatif lebih murah, praktis dan penataannya mudah, bisa memakai kotak.

Sedangkan untuk pemakaian trafo bentuk toroid sebenarnya masih jarang digunakan karena harganya yang jauh lebih mahal. Selain itu, bentuknya yang membulat membuat jenis ini tidak mempunyai sudut, yang mengakibatkan penataan yang lumayan sulit. Jadi, disarankan memilih yang kotak.

Kemudian pilihlah dengan memperhatikan tegangan yang dihasilkan oleh trafo dengan kebutuhan. Anda bisa mencoba yang memiliki output voltase lebih besar atau sama. Sehingga jika terjadi kekurangan daya tidak perlu mengganti atau membeli yang baru dan tidak ada perbedaan tegangan voltase.

Setelah mengetahui berbagai merk dan tips bagaimana cara memilihnya, sekarang Anda bisa menentukan pilihan sendiri sesuai kebutuhan dengan pilihan 4 jenis merk trafo kolam renang yang awet dan kisaran harganya. Jika masih bingung dengan instalasinya, bisa memakai jasa kontraktor.

 

jasa pembuatan kolam renang, kontraktor kolam renang, pembuatan kolam renang, desain kolam renang, harga pembuatan kolam renang, kontraktor kolam renang jogja

By: tirtajaya
In: desain kolam renang, harga pembuatan kolam renang, Info, jasa pembuatan kolam renang, Kontraktor kolam renang, kontraktor kolam renang jogja, pembuatan kolam renang
0
tirtajaya

Leave a Comment

All fields with * are required.