Call us now:
(+62) 81 229 20 5969

SISTEM INSTALASI ELEKTRIKAL KOLAM RENANG

Bagi sebagian orang mungkin penasaran tentang bagaimana sistem instalasi elektrikal kolam renang yang identik dengan tempat basah. Padahal seluruh komponen tersebut dapat dilihat secara visual, contohnya seperti lampu pencahayaan, yang semua itu pasti membutuhkan listrik agar menyala terang.

Beberapa Sistem Elektrikal Pada Kolam Renang

Listrik adalah salah satu komponen penting untuk seluruh aspek kehidupan. Semua bagian rumah atau bangunan dari dalam maupun luar pasti membutuhkan sumber daya elektrik, begitupun juga kolam renang. Nah, apa saja instalasi sistem elektrikalnya? Berikut ulasan selengkapnya:

1. Pemasangan Pompa Pada Kolam Renang

Sistem instalasi pompa kolam merupakan bagian dari komponen elektrikal vital yang bertugas untuk menjaga kualitas air tetap jernih dan bersih. Sirkulasi akan berjalan dengan baik jika pompa tersebut memiliki kinerja yang efektif dan maksimal. Untuk itu pemasangannya harus benar.

Untuk menentukan kapasitas daya pompa, membutuhkan perhitungan yang tidak sembarangan. Pertama Anda harus menghitung volume air pada kolam, kemudian flow rate atau jarak penempatannya, dan terakhir mengetahui kecepatan sirkulasi air kolam renang.

2. Pemasangan Lampu Dalam Air (Underwater Light)

Sistem instalasi elektrikal kolam renang kedua adalah underwater light yang ditempatkan di bawah air. Ini berfungsi untuk menambah penerangan pada kolam, khususnya saat malam hari. Pencahayaan ini juga bisa untuk memperindah tampilan. Jenis lampu yang dipilih tentu tipe khusus yang tahan terhadap air.

Jenis underwater light sangat beragam, ada yang cara memasangnya dengan ditempel, ada juga yang ditanam di dasar kolam. Jenis lampu tempel biasanya akan membutuhkan komponen pendukung lain, seperti fisher. Sementara cahaya tanam, akan dipasang dengan cara dicor pada dindingnya.

3. Pemasangan Lampu Penerangan di Kolam Renang

Sistem instalasi elektrikal selanjutnya adalah pemasangan lampu penerangan. Berbeda dengan underwater light, pencahayaan ini tidak diletakkan di dalam air. Lampu ini pada dasarnya berfungsi untuk memberikan cahaya di luar kolam, misalnya decking sekitar area atau pada aksesoris air mancur.

Dalam hal ini pemilihan lokasi pencahayaan jangan lupa untuk dipertimbangkan. Selain untuk tampilan dan estetika kolam renang, juga berkaitan dengan kenyamanan Anda. Aturlah sedemikian rumah dengan memperhatikan luas kolam, letak hiasan-hiasan, atau aksesoris lainnya.

Tips Instalasi Lampu Kolam Renang

Sistem instalasi elektrik pada tempat yang rawan air membutuhkan pertimbangan yang matang dan cara-cara yang tentu tidak mudah. Berikut ini ada beberapa hal yang harus diperhatikan dalam pemasangan lampu di kolam renang:

1. Cara Penyambungan Kabel

Lampu yang biasa dipakai pada kolam renang umumnya berukuran voltase 12V dan 24V. Dengan ukuran itu bisa dikatakan masih aman untuk manusia. Jika instalasinya dilakukan dengan benar, Anda tidak perlu khawatir akan terkena sengatan listrik saat cahayanya menyala.

Gunakanlah kabel yang sesuai dengan ukuran watt lampu yang akan dipasang. Minimal berdiameter 1,5 mm. Sambungannya juga harus dibuat senyaman mungkin untuk menghindari bahaya saat terjadi kebocoran arus listrik. Usahakan titik sambung berada di luar kolam renang.

2. Transformator Kolam Renang

Umumnya transformator merupakan alat yang digunakan untuk menurunkan dan menaikkan tegangan AC. Namun jika kegunaannya untuk kolam renang, fungsinya berubah sebagai alat merendahkan tegangan listrik yang awalnya 220V menjadi 24V atau 12V.

Dengan tegangan yang diturunkan itu, jadi Anda bisa aman berada di kolam renang. Supaya keamanan betul-betul terjamin, jangan lupa melengkapi alat ini dengan komponen pendukung bernama Fuse. Tujuannya, jika ada konsleting, arus listrik bisa langsung diputus.

3. Cara Pasang Box Panel Lampu

Box panel ini berfungsi supaya rangkaian pencahayaan yang sudah dipasang menjadi lebih rapi. Alat ini akan memudahkan Anda dalam mengoperasikan lampu. Di dalamnya biasanya juga bisa ditambahkan saklar, kontraktor, ataupun timer untuk mengatur ritme cahaya.

Pemasangan box panel bisa diletakkan di dalam maupun di luar ruang pompa kolam renang. Jangan lupa untuk selalu memastikan alat terpasang dengan benar dan lokasi yang aman, terhindar dari air hujan atau segala bentuk percikan air.

Demikian ulasan tentang sistem instalasi elektrik kolam renang yang mungkin bisa membantu saat sedang membuat kolam di rumah. Jangan lupa untuk selalu memastikan pemasangan listrik dengan benar demi keamanan dan kenyamanan.

 

jasa pembuatan kolam renang, kontraktor kolam renang, pembuatan kolam renang, desain kolam renang, harga pembuatan kolam renang, kontraktor kolam renang jogja

By: tirtajaya
In: desain kolam renang, harga pembuatan kolam renang, Info, jasa pembuatan kolam renang, Kontraktor kolam renang, kontraktor kolam renang jogja, pembuatan kolam renang
0
tirtajaya

Leave a Comment

All fields with * are required.