Call us now:
(+62) 81 229 20 5969

BIAYA LISTRIK KOLAM RENANG, CARA MENGHEMAT !!

menghitung dan menghemat Biaya Listrik Kolam Renang, Memiliki lokasi berenang miliki sendiri memang menjadi impian kebanyakan orang. Namun hal yang perlu diperhatikan adalah berapa biaya listrik kolam renang yang harus dikeluarkan setiap bulannya. Sebab, hal ini sangat berpengaruh pada untung ruginya perusahaan.

Menghitung Biaya Listrik Kolam Renang

Apabila ingin sekali membangun kolam renang untuk kebutuhan keluarga saja atau bahkan mempunyai inisiatif membuatnya sebagai peluang usaha, maka coba tanyakan kepada yang sudah berpengalaman tentang biaya listrik setiap bulannya.

Memang kebutuhan akan adanya kolam renang di negara Indonesia ini berbeda dengan di Eropa yang memiliki iklim cuaca dingin. Tentu saja akan menambah biaya lagi untuk menambahkan alat pemanasnya. Berbeda dengan iklim stabil tidak membutuhkan peralatan tersebut.

Negara Indonesia sendiri masih sangat standar sekali kalau bicara tentang harga bayar listrik kolam renang. Sebab hal utama yang harus diperhitungkan hanya ada dua komponen, yakni pompa untuk memfilter air agar tetap bersih dan pencahayaan lampu sebagai penerangannya.

Contoh Kalkulasi Pembiayaan Listrik Kolam Renang

Seperti yang sudah dijelaskan bahwa mendirikan kolam renang standar hanya membutuhkan 2 komponen yaitu pompa untuk memfilter air dan pencahayaan lampu penerangan. Keduanya ini memiliki cara menghitungnya sendiri. Berikut ini kalkulasi biaya pembayaran listrik perbulannya.

1. Untuk Pompa dan sandfilter kolam renang

Menggunakan pompa dan sandfilter kolam renang merupakan hal yang sangat vital ketika membangun area tempat berenang. Sebab peralatan tersebut dapat mencegah terjadinya keruh pada air kolam renang. Oleh sebab itulah untuk menentukan berapa besaran watt pada alat tersebut. Berikut cara menghitungnya.

  • Pemakaian daya sebesar 600 watt sama dengan 0,6 kilo watt
  • Kemudian pemakaian alat tersebut selama 5 jam setiap hari.
  • Besaran tarifnya Rp. 1.300.00 per kWh dengan besar kapasitas kolam renang 1 HP.
  • Dapat dihitung (0,6 x 5 x 1.300) sama dengan Rp 3.900 per hari atau berjumlah Rp.117.000 setiap bulannya.
  • Jadi Rp. 3.900 x 30 hari = Rp. 117.000 perbulannya.

2. Pembiayaan Pencahayaan

Penggunaan pencahayaan pada kolam renang bisanya memakai daya dan voltase khusus. Pada umumnya penggunaan lampu penerangan dengan daya 10 sampai 12 watt dan DC 12 volt sudah sangat terang sekali. Kemudian jika ingin menambahkan lampu tingga mengalikan saja kWh nya.

  • Misalnya saja memakai jumlah lampu LED 6 buah.
  • Kemudian setiap lampu mempunyai kapasitas 12 watt = 0.012 kilo watt.
  • Untuk menyala setiap harinya 8 jam.
  • Dan tarif listrik Rp. 1.300 per kWh.
  • Cara hitungnya (6 x 0,012 x 8) x 1.300
  • Jika 0,576 x Rp. 1.300.00 = Rp. 749 per hari.
  • Jadi totalnya Rp. 749 x 30 hari maka hasilnya dibulatkan menjadi Rp. 22.500.00 setiap bulannya.

Tips Untuk Menghemat Pengeluaran Biaya Listrik Kolam Renang

Penghitungan biaya di atas tadi memang sangat standar sekali, namun bila menambahkan air mancur, lampu kerlap-kerlip dan sebagainya, maka Anda akan mengeluarkan tagihan listrik lebih besar lagi. Caranya menghitungnya tingga menyesuaikan kapasitas daya yang digunakan.

  1. Memasang timer pada kolam renang anda
  2. Membersihkan dan merawat air kolam renang secara rutin dan berkala
  3. memilih pompa kolam renang yang tepat
  4. Pilih jasa perawatan kolam renang yg profesional

Akan tetapi perlu juga untung menghemat agar biaya yang sudah tertulis tadi setidaknya bisa dikurangi lebih sedikit. Cara agar bisa menghemat pengeluaran biaya listrik adalah dengan memilih pompa filter air yang sesuai dengan kapasitas kolam renangnya. Pastikan tidak terlalu besar dan kecil.

Kemudian belilah barang yang bagus agar penggunaannya bisa bertahan dalam jangka panjang. Bila tidak maka pembengkakan biaya servis akan lebih besar. Selanjutnya untuk penerangannya sendiri gunakan lampu hemat energi, seperti lampu LED dengan kapasitas daya 10 sampai 12 itu sudah cukup.

Cara Menerapkan Lampu dan Pompa Air Dengan Bijak

Bilamana ingin menggunakan pencahayaan sebagai hiasan taman, maka gunakanlah lampu hemat energi. Kemudian dibatasi penggunaannya, jika mendapatkan sinar cahaya dari dalam rumah. Dengan demikian Anda akan lebih bijak dalam menghemat biaya.

Tidak hanya itu saja, hal bijak selanjutnya adalah dengan menutup kolam ketika tidak dipakai dalam jangka waktu yang lama. Hal semacam ini memberikan manfaat tersendiri, seperti contoh jika airnya keruh atau kotor, maka perlu biaya pembersihan. Oleh sebab itu cara tersebut bisa diterapkan.

Selain itu pada pompanya harus bisa mengurangi penggunaanya, semisalnya ketika memberikan kolam renang obat pemutih, maka bisa mematikan nya. Dengan demikian akan sedikit menghemat tagihan biaya listriknya.

Demikian tadi beberapa biaya listrik kolam renang, pastikan semua tercatat dengan baik dan benar pada pembukuan.

 

jasa pembuatan kolam renang, kontraktor kolam renang, pembuatan kolam renang, desain kolam renang, harga pembuatan kolam renang, kontraktor kolam renang jogja

By: tirtajaya
In: desain kolam renang, harga pembuatan kolam renang, Info, jasa pembuatan kolam renang, Kontraktor kolam renang, kontraktor kolam renang jogja, pembuatan kolam renang, Perawatan kolam renang
0
tirtajaya

Leave a Comment

All fields with * are required.